background img

DPRD SEPAKAT PERDA PETANI

4 years ago written by

Balikpapan – DPRD Balikpapan sepakat untuk merancang Peraturan Daerah (Perda) tentang penjaminan pasar, permodalan serta jaminan pertanian untuk para petani Balikpapan. Hal ini dikatakan oleh Ketua Komisi II DPRD Balikpapan Abdul Yajid saat menerima perwakilan aksi yang digelar oleh Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Serikat Petani Indonesia (SPI). Aksi demo memperingati Hari Tani Nasional (HTN) itu digelar di depan Kantor DPRD Balikpapan, Senin pagi (26/9).

Dalam aksi tersebut, GMNI dan SPI menuntut agar Pemkot dan DPRD Balikpapan membentuk Perda tentang tiga hal, yaitu jaminan pasar, permodalan dan asuransi bagi petani. Menurut Abdul Yajid, ini adalah merupakan hal mendasar dalam menyokong pertanian khususnya para petani. Dan harus dikoordinasikan bersama dengan Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPKP) dan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop).
Langkah awal yang harus dilaksanakan adalah membentuk pola dasar Rancangan Perda dengan melakukan kajian mendalam. Tentunya hal ini akan melibatkan petani dan mahasiswa.

Rencananya Abdul Yajid akan membawa hal ini dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Disperindagkop dan DPKP. Ia berharap petani dan mahasiswa terlibat dalam proses pembuatan Perda yang dimaksud.
Jika Perda ini terbentuk, lanjutnya, maka hal ini merupakan sejarah baru dalam lahirnya peraturan berkaitan dengan pertanian yang diinisiasi dan didorong oleh petani dan mahasiswa. “Kami akan menunggu konsep yang ditawarkan petani dan mahasiswa dalam hal pembentukan Perda ini,” kata Abdul Yajid. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *