background img

DPRD DESAK PEMKOT SELESAIKAN IPAL BARU ULU

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan agar segera menyelesaikan permasalahan status lahan yang akan dikerjakan untuk proyek pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kelurahan Baru Ulu, Balikpapan Barat (Balbar).

Pernyataan itu disampaikan anggota Komisi III DPRD Balikpapan, Sukri Wahid usai mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) pembahasan IPAL Baru Ulu dengan instansi terkait, Selasa (25/6).

“Pemerintah segeralah selesaikan permasalahan lahannya, agar proyek itu dapat dilanjutkan. Karena sudah sejak 2016,” kata Sukri.

Menurut politisi partai PKS ini, proyek IPAL tersebut tidak dapat dilanjutkan untuk kepentingan studi kelayakan, apabila status lahan yang akan dipergunakan tersebut masih berstatus milik PT Inhutani.

“Kalau masih milik pihak lain bisa terkendala pada studi-studi lainnya, misalnya kelayakan dan proses selanjutnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Sabaruddin Panrecalle juga meminta Pemkot melalui OPD terkait untuk melakukan kajian dan mencari solusi atas program pembangunan IPAL Komunal di Baru Ulu tersebut.

Politisi Gerindra ini menilai Pemkot antar lini OPD harus memiliki satu kesatuan dalam membuat konsep pembangunan, mengingat pembangunan IPAL komunal ini akan dibiayai pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus. Program strategis ini bahkan didukung pemerintah pusat dan Inhutani.

“Coba diselesaikan kajian bersama Bappeda, BPKAD dan Perkim. Kita ingin program ini berjalan karena pusat sudah mendukung,” tuturnya.

Dirinya pun siap menjembati pemkot dan DPRD serta Inhutani Balikpapan untuk menemui jajaran Direksi Inhutani pusat guna memastikan soal pelepasan aset. “Nanti kita coba menemui Direksi Inhutani,” ucapnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *