background img

DKK PASTIKAN JAJANAN RAMADHAN AMAN

4 years ago written by

Balikpapan – Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan akan mengambil sampel jajanan di setiap Pasar Ramadhan. Hal itu disampaikan langsung Kepala DKK Ballerina saat ditemui KPFM di Kantor Walikota Balikpapan, jalan Jenderal Sudirman, Senin (29/5).

Pengambilan sampel tersebut untuk memastikan jajanan yang diperjualbelikan aman dari zat pengawet dan pewarna makanan berbahaya. Pengawasan mulai dilakukan Senin (29/5), melalui pihak Puskesmas terdekat.

“Puskesmas akan turun ke wilayahnya masing-masing, dan mengambil sampel jajanan di Pasar Ramadhan yang terletak di wilayah Puskesmas tersebut. Dan ini akan berlangsung selama seminggu. Targetnya sekitar 126 sampel,” kata Ballerina.

Dia mengatakan, pihaknya akan langsung mengirimkan jajanan yang mencurigakan dan dianggap menggunakan zat tersebut ke Balai POM (Pengawasan Obat dan Makanan) Provinsi Kaltim.

“Jajanan langsung kami periksa menggunakan alat yang ada. Jika mencurigakan akan kami kirim ke Balai POM Provinsi untuk diteliti, apakah jajanan tersebut positif menggunakan bahan makanan berbahaya seperti pengawet dan pewarna, dan lain sebagainya,” terangnya.

Jika ditemukan jajanan yang menggunakan pengawet dan pewarna makanan buatan, lanjut Ballerina, pihaknya akan memberikan sanksi tegas. “Kalau terbukti di Balai POM, maka yang bersangkutan akan kami interogasi dulu. Tentu kita akan imbau agar tak menggunakan zat tersebut. Kalau masih tetap menggunakan, ya kami akan proses sesuai aturan,” tandasnya. (ARIYANSYAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *