background img

DISHUB SIAPKAN JALUR ALTERNATIF DI GRAND CITY

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan menyiapkan jalur alternatif untuk mengantisipasi kemacetan  yang kerap terjadi di jalan Soekarno-Hatta, Km 5,5, Balikpapan Utara (Balut), saat arus mudik maupun Lebaran tahun 2019 ini.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana menyampaikan itu saat dijumpai wartawan usai mengikuti rapat Coffee Morning di Kantor Wali Kota Balikpapan, Selasa (21/5).

Dikatakan pria berkacamata itu, sebagian kendaraan khususnya dari arah jalan MT Haryono menuju ke arah Kilometer 5,5 Balikpapan Utara untuk sementara akan dialihkan.

“Daerah rawan macet kan Kilometer 5,5. Untuk menyiasatinya kami sudah koordinasi dengan pihak Grand City. Mereka sudah setuju jalan tembus dari MT Haryono ke Soekarno-Hatta itu bisa dimanfaatkan memecah arus penumpukan kendaraan yang ada di Km 5,5,” ujarnya.

Menurut Dirman, saat ini jalan di Grand City yang akan menjadi jalur alternatif sedang dipercepat pengerjaannya, sehingga bisa digunakan dalam waktu dekat. Hanya saja, tidak semua kendaraan yang bisa melintas melewati jalan di kawasan perumahan tersebut.

“Sekarang jalan itu sedang dalam proses percepatan. Jadi nanti jalan di Grand City bisa digunakan untuk memecah arus di Kilometer 5,5. Tapi kendaraan tertentu saja yang lewat. Nanti kita atur,” sebutnya.

Saat ini, lanjut Dirman, Pemerintah Kota (Pemkot) sedang mendiskusikan rencana penggunaan jalur alternatif tersebut. Pemkot sendiri menargetkan jalan itu sudah bisa digunakan pada H-7 sebelum Lebaran. Khususnya ketika terjadi peningkatan arus lalulintas.

“Ini lagi kita diskusikan. Sudah kordinasi juga dengan pihak Grand City dan mereka setuju. Ini kan mereka percepatan, mudah-mudahan H-7 sudah bisa digunakan,” ucapnya.  (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
Uncategorized

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *