background img

DISDIKBUD HANYA DAPAT 126 GURU PNS

2 weeks ago written by

Foto : Kepala Disdikbud Balikpapan, Muhaimin.

KPFM BALIKPAPAN – Permasalahan kekurangan tenaga pendidik di Kota Balikpapan nampaknya masih akan terus terjadi. Sebabnya, pada formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 ini, Disdikbud Kota Balikpapan hanya mendapat jatah 126 guru. Jumlah tersebut masih terbilang jauh, karena yang diajukan mencapai 800 guru.

“Yang kita ajukan memang sekitar 800 guru, namun disetujui 126. Tetap kita syukuri. Dengan penambahan   ini setidaknya bisa menutupi kekurangan guru kita. Apalagi setiap tahun ada yang pensiun. Nah, dengan adanya penambahan CPNS di tahun ini, berarti di tahun 2020 sudah ada PNS baru,” kata Kepala Disdikbud Balikpapan, Muhaimin, Selasa (5/11).

Dari kuota 126 PNS tenaga pengajar ini, lanjut Muhaimin, Disdikbud bersama Badan Kepegawaian Daerah (BKD) sudah melakukan pemetaan terkait penempatannya. Paling banyak adalah untuk guru Sekolah Dasar (SD).

“Penempatan sudah diatur oleh Dinas Pendidikkan bersama BKD. Jadi, dari 126 itu paling banyak penempatannya untuk guru SD. Kalau guru SMP hanya sebagian,” ujarnya.

Muhaimin melanjutkan, dalam seleksi CPNS tahun ini diharapkan para guru honor yang ikut serta bisa lolos. Sehingga statusnya menjadi PNS. Kalau pun tidak lolos, tetap ada penambahan untuk tenaga pengajar baru. Dengan demikian bisa menutupi kekurangan.

“Mudah-mudahan yang jadi PNS itu dari guru honor. Kita harapkan semua statusnya naik. Kalau tidak ada, berarti kita dapat guru PNS yang baru. Nah, yang honor ini tenaganya masih bisa kita manfaatkan untuk menutupi kekurangan,” ucapnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *