background img

DIRAZIA, ARI KRITING CENGAR-CENGIR

3 years ago written by

Balikpapan – Suasana razia pendatang di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Kamis (6/7), kali ini agak berbeda. Pasalnya, operasi yustisi yang digelar Satpol PP itu menjadi berubah, lantaran kehadiran sosok artis terkenal. Dialah Ari Kriting.

Komika jebolan Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) 3 itu datang bukan untuk menghibur ratusan penumpang dan penjemput yang memadat di Pelabuhan Semayang, melainkan bagian dari ratusan penumpang yang terjaring razia.

Tak tampak nervous di wajah Ari. Malah ia cengar-cengir, tak terkesan serius. Ia pun menebar senyum. Penumpang dan warga lainnya tak melewatkan momen ini untuk jepret-jepret dengan ponsel.

Tak bedanya dengan penumpang kapal yang lain, Ari ikut digiring ke meja pendataan razia tersebut untuk diminta memperlihatkan identitasnya, usai turun dari KM Lambelu yang sandar di pelabuhan tersebut pukul 15.00 Wita.

Selang beberapa menit di meja pendataan, identitas komika bernama asli Satriaddin Maharinga Djongki asal Kota Kendari itu tidak ditahan, karena ada penjaminnya. “Kita tidak tahan identitasnya. Karena sudah ada keluarganya di Balikpapan yang menjaminnya,” kata Kepala Satpol PP Balikpapan Freddy Pasaribu.

Kedatangan kontestan juara 3 SUCI 3 itu ke Balikpapan untuk menghadiri acara resepsi pernihakan adik sepupunya.

Ari tak menyangka saat turun dari kapal dirinya langsung diarahkan ke meja pendataan razia tersebut. “Turun dari kapal, eh ditahan, ternyata harus setorkan identitas. Saya dua hari di sini. Tadi nggak ditahan lama karena sudah ada penjamin. Karena saya ke sini bukan untuk menetap, tapi hanya menghadiri acara,” kata Ari dengan logat Papua yang kental.

Pria yang menjadi salah satu aktor pemeran film Comic 8 ini mengapresiasi langkah pemeriksaan identitas bagi mereka yang masuk ke wilayah Balikpapan oleh Pemkot melalui Satpol PP Balikpapan itu.

“Nggak masalah, kalau memang aturannya seperti itu ya kita jalani saja. Namanya kita penduduk, ya kan? Yang penting aturan dan tujuannya jelas, karena segala aturan itu kan bukan untuk mempersulit, tapi untuk melindungi masyarakat,” tutur Ari agak serius.

Apalagi, lanjut Ari, dengan kondisi dan situasi keamanan yang selalu mendapat berbagai ancaman saat ini, razia tersebut perlu untuk dilakukan. “Saya pikir, dengan situasi sekarang ini, kewaspadaan terhadap penghuni baru itu harus lebih ditingkatkan karena belakangan ini ancaman-ancaman keamanan lumayan menyeramkan. Saya pikir Balikpapan sebagai kota nyaman dihuni, jadi salah satu upaya pemerintah mempertahankan itu, ya seperti ini,” pungkasnya.

Ari Kriting datang dari Baubau bersama 7 anggota keluarganya ke Balikpapan menggunakan KM Lambelu. Dirinya sengaja memilih tumpangan kapal Pelni karena telah terbiasa berlayar sejak kecil.
Bisa jadi ini pengalaman pertama Ari Kriting dirazia saat turun dari kapal. Apakah ini bakal jadi bahan lawakannya saat tampil di panggung stand up comedy? Entahlah. (ARIYANSYAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *