background img

DEWAN MINTA SIPD DITERAPKAN MAKSIMAL

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan meminta pemerintah kota memastikan agar seluruh kegiatan pengadaan barang dan jasa menerapkan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) e planning atau perencanaan elektronik pada tahun 2021.

Hal itu dilakukan untuk mendukung keterbukaan dan peningkatan pelayanan informasi kepada publik khususnya dalam penyediaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.
Ketua Komisi 1 DPRD Kota Balikpapan Johnny NG mengatakan, pihaknya telah menyampaikan kepada pemerintah kota untuk menerapkan SIPD kepada seluruh kegiatan yang ada.

“Kita sudah sampaikan bahwa nanti dalam pembahasan di Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrembang) agar seluruh kegiatan di masuk dalam SIPD,” kata Johnny kepada wartawan, Sabtu (16/1).

Ia meminta agar pemerintah kota lebih mengutamakan pada penggunaan anggaran untuk penyediaan infrastruktur yang langsung bersentuhan dengan masyarakat pada tahun 2021 ini. Di antaranya menyangkut pembangunan jalan, drainase dan penanganan bencana.

“Kami minta agar fokus dulu ke masyarakat, apa sih yang sebenarnya terjadi di antaranya masalah longsor, banjir atau semenisasi agar semuanya bisa dimasukan di SIPD,” terangnya.
Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah, bahwa perencanaan secara elektronik di pemerintah daerah harus mulai diterapkan pada awal tahun 2021 ini.
Seluruh rencana anggaran yang ada dalam Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) dimasukkan dalam SIPD untuk menjamin keterbukaan informasi kepada publik.

(MAULANA/ KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *