background img

DEFISIT BISA CAPAI 800 MILIAR

4 years ago written by

Balikpapan – Sedikitnya ada 97 kegiatan dipastikan tunda pembayaran pada 2017, dampak dari defisit anggaran Pemkot Balikpapan. Dari jumlah tersebut sebanyak 40 kegiatan berada di Dinas PU kota, disusul  Dinas Kesehatan 27 kegiatan, Dinas Pendidikan sebanyak 15 kegiatan dan satu kegiatan ada di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Ketua Komisi I DPRD Balikpapan Syukri Wahid saat ditemui di ruang kerjanya Selasa (9/16) mengatakan, nilai dari 97 kegiatan yang tunda pembayaran itu sebesar Rp159 miliar. Setelah konsolidasi total kontrak berjalan sebesar Rp 320 miliar. Di PU ada proyek besar dan paling menyerap anggaran, seperti Balikpapan Islamic Center yang nilai kontraknya Rp139 miliar,  dan nilai yang harus dibayarkan 2017 sebesar Rp60 miliar. Juga gedung parkir senilai Rp36 miliar yang dibayarkan Rp 7 miliar pada 2017. Termasuk lintasan roadrace Rp 4 miliar yang harus dibayarkan Rp 3 miliar tahun depan.

Menurut Syukri, anggaran Rp159 miliar itu menjadi beban yang harus dibayarkan tahun 2017. Namun pemkot masih terus mengupayakan menutup defisit Rp72 miliar yang tersebar di beberapa kegiatan. “Jadi asumsi sekitar Rp200 miliar lebih yang harus dicari di 2016. Dan tugas Sekda memastikan Rp72 miliar itu harus bisa ditutupi. Kalau tidak, kita harus bayarkan di tahun depan,” jelasnya.

Syukri menyebutkan,  kegiatan PU  yang berjumlah  40 tersebut senilai Rp274 miliar dari total Rp322 miliar anggaran kegiatan yang ada di beberapa SKPD. Ia melihat sampai sejauh ini rasio defisit APBD Perubahan 2016 bisa mencapai Rp800 miliar.  Namun angka itu baru dapat diketahui pasti saat pembahasan APBD Perubahan 2016 pada Oktober mendatang. Tentu setelah ada kepastian dari APBD Perubahan Provinsi. “APBD kedepan kita lebih baik diagnosa terburuk. Dana Bagi Hasil jangan dipatok muluk-muluk. Walaupun Pusat memasukan angka, tapi itu bisa saja berubah,” ungkapnya. (FREDY/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *