background img

DANDIM BAGI PERMEN PANCASILA KE SISWA SMA 5

3 years ago written by

Balikpapan – Memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada Kamis, 1 Juni 2017, Dandim 0905 Balikpapan Letnan Kolonel Infanteri Hendri Wijaya beserta jajarannya menggelar upacara di SMA Negeri 5 Balikpapan. Usai upacara Dandim membagikan permen cokelat Pancasila dan aksesori yang melambangkan ideologi negara Indonesia.

“Tahun ini kami memang tidak hanya melaksanakan upacara di Kodim dan Kantor Walikota, tetapi juga di dua sekolah yang sudah kami pilih, yakni SMA Negeri 1 Balikpapan dan SMA Negeri 5 Balikpapan. Saya kebagian ikut upacara di SMAN 5,” ujarnya saat diwawancarai KPFM usai upacara.

Gelar upacara di sekolah-sekolah tersebut, menurut Hendri dalam rangka membangkitkan semangat Pancasila di tingkatan siswa SMA serta untuk lebih memahami arti dan maknanya. “Sekarang ini seakan Pancasila tidak begitu menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Sudah banyak terjadi benturan, seakan-akan hilang rasa gotong royong kita, rasa kebangsaan kita. Apalagi banyak dibarengi berita-berita hoax yang memancing emosi kesukuan, agama. Ini kan sangat berbahaya untuk NKRI,” papar Hendri.

Menurutnya, kegiatan nasionalisme seperti ini harus digalakkan lagi di sekolah agar generasi muda seperti mereka bisa memahami benar dan mengerti tentang nilai-nilai Pancasila.

“Negara ini harus tetap maju, dan merekalah menjadi bibit generasi muda yang betul-betul menjadi manusia Pancasilais, yang akan menjaga keutuhan negara kita ini sebagaimana bela kebangsaan NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,” jelasnya.

Secara terpisah Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengimbau agar masyarakat yakin bahwa Pancasila adalah satu-satunya ideologi bangsa yang sudah mengakomodasi semua kepentingan, seperti agama, suku dan keberagaman.

“Mudah-mudahan ini disadari betul oleh masyarakat terutama soal keberagaman yang belakangan ini tergradasi peristiwa yang bisa memecah belah. Akhir-akhir ini juga ada gesekan tentang suku, agama, dan ras yang seharusnya tidak terjadi. Semoga peristiwa penting 1 Juni ini dapat merajut kembali hubungan bangsa yang baik,” kata Rizal. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *