background img

DANA TURUN, RIZAL INGATKAN LURAH

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dana kelurahan untuk Balikpapan saat ini telah sampai ke pemerintah kecamatan. Selangkah lagi, dana tersebut sampai ke tangan pihak kelurahan. Saat ini, distribusinya ke setiap kelurahan tinggal menunggu petunjuk akhir dari pemerintah pusat.

“Dana kelurahan sudah ditandatangani. Masih menunggu final petunjuknya. Dananya masih di kecamatan,” kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi di kantornya, jalan Jenderal Sudirman, Selasa (21/5).

Secara umum, peruntukan dana ini untuk pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, seperti pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Sementara itu, dalam pengelolaannya nanti diharapkan tak ada pelanggaran yang terjadi, maupun terdapat tindakan yang dapat membuat lurah berhadapan dengan hukum. Seperti dana desa, yang menyeret beberapa kepala desa ke jalur hukum, akibat adanya tindak pidana korupsi dalam pengelolaannya.

“Oleh karena itu, imbauan kepada Pak Lurah, pertama libatkan semua pihak. Seperti LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat). Juga minta pendampingan TP4D (Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah) kejaksaan,” imbau Rizal.

Selain itu, Rizal juga menganjurkan para lurah belajar ke kepala desa terdekat, guna mengetahui dan mempelajari pengalaman para kepala desa dalam mengelola dana desa.

“Supaya tahu di mana titik lemahnya. Supaya bisa dipelajari. Jangan sampai terjadi kasus seperti kepala desa yang tersangkut korupsi. Makanya kami minta pendampingan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, besaran dana kelurahan untuk Balikpapan yaitu Rp11,9 miliar. Dana itu akan dibagi rata ke setiap kelurahan. Di mana, masing-masing kelurahan menerima Rp350 juta. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *