background img

DAGING KURBAN TAK GUNAKAN KANTONG PLASTIK

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menyerukan agar pembagian daging kurban saat Hari Raya Idul Adha nanti tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai. Upaya ini dilakukan sebagai komitmen Pemkot untuk mengurangi sampah plastik yang menjadi ancaman bagi lingkungan.

“Mulai hari ini, kami mulai membuat edaran ke masyarakat agar tidak menggunakan kantong plastik hitam untuk membungkus daging kurban yang dibagikan,” kata Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan, Heria Prisni, Senin (5/8).

Selain itu, bagi warga yang berkurban juga diminta agar menyediakan lahan sendiri untuk hewan yang akan disembelih. “Bagi yang berkurban supaya menyiapkan tempatnya juga. Kemudian tidak menggunakan wadah yang terbuat dari plastik,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan Suryanto menyarankan kepada masyarakat agar mengambil daging kurban dengan membawa wadah sendiri. Atau mereka yang berkurban menyediakan wadah khusus.

“Jadi ada dua cara, pertama masyarakat yang mendapat kupon agar mengambil daging kurban dengan membawa wadah sendiri berupa rantang atau baskom. Kedua, orang yang berkurban menyediakan dana tambahan untuk membeli wadah khusus,” ungkapnya.

Pria berkacamata ini juga meminta panitia kurban maupun masyarakat untuk tidak membuang darah hewan kurban ke laut, karena akan mencemari lingkungan. “Masyarakat selama ini sudah pintar, panitia kurban menggali tanah, darahnya dimasukkan ke tanah. Saya pikir itu sudah bagus, jangan buang ke laut,” ucapnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *