background img

CURI KABEL, DUA WARGA BALUT DICIDUK

4 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dua oknum warga JB (33) dan MS (17) harus berurusan dengan aparat kepolisian. Keduanya dibekuk oleh Tim Batman Reskrim Polsek Balikpapan Utara (Balut) setelah mencuri kabel di workshop PT Komatsu Reman Asia, di Jalan Tol Km 13, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara.

Aksi pencurian yang dilakukan kedua warga yang tinggal di jalan Pulau Balang Km 13, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara ini terjadi pada, Sabtu (3/8) lalu, sekira pukul 23.00 Wita.

Dalam aksinya, pelaku menggunakan alat bantu tang untuk memotong kabel instalasi yang berukuran besar. Kemudian kabel berisi tembaga tersebut dimasukkan ke dalam karung dan menjualnya ke tukang besi tua.

Pengungkapan kasus ini bermula ketika Polsek Balikpapan Utara mendapat laporan bahwa ada pencurian kabel di workshop PT Komatsu Reman Asia. Usai menerima laporan, petugas langsung melakukan upaya penyelidikan. Hasilnya, pada Selasa (6/8) sekira pukul 22.00 Wita, kedua tersangka berhasil diciduk.

“Berawal dari adanya laporan yang masuk, setelah itu langsung kami lakukan penyelidikan. Akhirnya kami berhasil menangkap tersangka,” ujar Kapolsek Balikpapan Utara, Kompol Supartono Sudin, Kamis (8/8).

Kedua pelaku, lanjut Supartono, diamankan di rumahnya masing-masing. Dari tangan tersangka diamankan juga barang bukti berupa satu karung besar kulit pembungkus kabel. “Selain itu kami amankan juga satu tang potong dengan gagang warna merah dan satu bilah pisau cutter warna merah,” ujarnya.

Atas perbuatannya, kedua pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman di atas lima tahun. “Tapi dari dua pelaku ini, satu masih di bawah umur. Jadi proses hukumnya berbeda. Akan dilakukan diversi terlebih dulu,” ucapnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *