background img

COASTAL ROAD BELUM JELAS

4 years ago written by

Balikpapan – Pembangunan coastal road sepanjang 7,5 kilometer di pesisir pantai Balikpapan yang nilainya mencapai Rp 5 triliun nampaknya bakal tak terealisasi dalam waktu dekat. Sebelumnya proyek prestisius ini direncanakan awal tahun 2017 mendatang.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kota Balikpapan Sri Soetantinah saat ditemui KPFM, Selasa (8/11) menuturkan, diundurnya pembangunan coastal road karena masih menunggu seluruh perizinan dari Pusat tuntas. “Semua perizinan akan diterbitkan oleh Pemerintah Provinsi Kaltim menyusul adanya UU 23 tahun 2014 tentang Pemda, bahwa tidak ada lagi kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota atas kewenangan 4 mil laut. Kewenangan itu kini ditarik ke pemerintah provinsi,” ujarnya.

Soetantinah belum bisa menyampaikan kepastian kapan pengerjaan proyek coastal road tersebut terealisasi. Namun pihaknya mengaku akan selalu intens dan siap untuk memenuhi permintaan kelengkapan administrasi apabila dibutuhkan oleh Pemerintah Provinsi. “Ini bukan kewenangan kami lagi. Kami tidak bisa memberikan target. Nanti ada ketersinggungan provinsi. Artinya apa yang diminta provinsi kita penuhi. Kalau misalnya kita disuruh ekspose, ya kita ekspose. Memang kalau dikatakan molor ya molor, tapi kalau dikatakan stagnan tidak juga. Kan pihak pemenang lelang ada uang jaminan,” pungkasnya. Coastal road ini rencananya terdiri dari 8 segmen. Tujuh segmen dikerjakan investor, dan satu segmen Pemkot Balikpapan. Pembangunan diprediksi tuntas lima tahun. (FREDY/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *