background img

BPBD, WASPADA DAMPAK LA NINA

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kondisi iklim tengah memasuki fenomena La Nina. Akibatnya beberapa hari terakhir air laut tengah pasang hingga naik ke pemukiman warga.

Di wilayah pesisir Kampung Baru misalnya. Air laut naik ke pemukiman warga bahkan sampai ke dalam rumah. Ketinggiannya mencapai selutut orang dewasa.

“Memang dampak La Nina ini seIndonesia, tanpa terkecuali di Balikpapan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan Suseno belum lama ini.

Menyikapi kondisi tersebut, BPBD tentu menyiapkan sarana dan prasarana serta personelnya untuk mengantisipasi atau menyiagakan apabila ada dampak yang kurang baik. “Kita selalu siaga,” ujarnya.

Penanganan bencana di pesisir, diakui Suseno, pihaknya keterbatasan personel untuk melakukan monitoring di lokasi pemukiman warga. Namun telah dikoordinasikan dengan instansi terkait lainnya, seperti TNI/Polri, Dinsos dan Satpol PP.

“BPBD tidak bisa bekerja sendiri, ada bantuan kerjasama dengan instansi lain seperti TNI, Polri, Dinsos, Satpol PP, Kecamatan dan Kelurahan serta relawan,” ungkapnya.

Suseno juga meminta kepada masyarakat agar menjaga diri dengan kondisi La Nina seperti sekarang ini.

“Masyarakat harus menyesuaikan kondisi dan situasi. Kami juga meminta agar apabila menemui kejadian apapun yang sifatnya perlu bantuan segera dikomunikasikan. Personel kami siaga. Ada delapan pos di seluruh Balikpapan ini,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *