background img

BLANGKO E-KTP KOSONG,DAFTAR TUNGGU 20 RIBU

4 years ago written by

Balikpapan – Terbitnya surat edaran tentang batas akhir perekaman e-KTP 30 September 2016, membuat masyarakat berbondong menyerbu kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Balikpapan. Tercatat sekira 600 warga per hari melakukan perekaman e-KTP. Hal ini membuat petugas Disdukcapil kewalahan. Setelah batas akhir perekaman itu berlalu, bukannya membuat petugas Disdukcapil lega. Malah muncul persoalan baru, yaitu kosongnya blangko e-KTP yang hanya diproduksi oleh Pusat.

Menurut Kepala Disdukcapil Kota Balikpapan Chairil Anwar, kosongnya blangko e-KTP itu salah satunya akibat defisit anggaran yang terjadi sekarang ini. Setiap daerah diberi jatah 2.000 blangko untuk satu minggu. Saat pengambilan blangko ke Pusat minggu lalu, ternyata stoknya kosong.

Namun Chairil menegaskan tidak perlu khawatir bagi warga yang memerlukan e-KTP secepatnya. Karena Pemerintah Pusat membuat kebijakan bagi yang sudah melakukan perekaman tetapi belum menerima e-KTP, boleh dibuatkan surat keterangan sebagai pengganti e-KTP. Begitu juga, bagi yang sudah menerima resi perekaman tidak perlu lagi datang ke Disdukcapil. Warga bisa mengecek lewat website capil.balikpapan.go.id. Batas akhir yang tertera di resi disamakan yaitu hingga Desember 2016. “Sejauh ini warga Balikpapan yang sudah melakukan perekaman e-KTP sudah lebih dari 94 persen. Sedangkan daftar tunggu blangko mencapai 20 ribu,” kata Chairil yang ditemui KPFM Selasa (18/10). (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *