background img

BISA PUNYA RUMAH LEWAT BPJS KETENAGAKERJAAN

3 years ago written by

Balikpapan – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan selain memberikan perlindungan pada tenaga kerja, juga memiliki program tambahan yang bermanfaat bagi layanan masyarakat.

“Bagi yang sudah menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan satu tahun, dan BPJS Jaminan Hari Tua (JHT), bisa mendapatkan pinjaman Kredit Perumahan Rakyat (KPR),” ujar Kepala Kantor Wilayah Kalimantan BPJS Ketenagakerjaan Heru Prayitno saat bincang pada program Rilex on Radio (ROR) KPFM 95.4 Mhz Balikpapan yang dipandu duet announcer Adit dan Joy, Selasa sore (20/6).

Dijelaskan Heru, pinjaman KPR terendah yang ditetapkan pemerintah minimal Rp130 jutaan, dan maksimal Rp500 juta. “Ini dalam rangka mendukung program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah,” ujarnya.

Bukan itu saja, bila peserta BPJS Ketenagakerjaan ingin punya rumah, tapi tak ada uang muka, juga ada solusi. “Bisa pinjam untuk uang muka perumahan, selanjutnya diangsur pada bank BTN terdekat,” paparnya.
Begitu pula yang sudah punya rumah, tapi ingin merenovasi. “Namanya pinjaman renovasi rumah. Maksimal Rp50 juta,” ujarnya.

Ada pula solusi bagi developer yang punya tanah dan ingin membangun rumah bagi pekerja. “Bisa kredit konstruksi. Semua untuk peserta minimal satu tahun, atau yang ikut kepesertaan JHT. Semua bisa berhubungan dengan bank BTN terdekat. Nanti BTN akan melihat BI checking-nya. Kalau aman memenuhi persyaratan, tentu ok,” ujarnya.

Bagaimana dengan bunganya? “Murah sekali. Rate bunga pinjaman KPR 7,7 persen per tahun. Bisa dilakukan maksimal selama 20 tahun. Dan itu fiks, atau flat. “Nggak ada fluktuasi. Betul-betul untuk memberikan kemudahan bagi pekerja,” katanya.

Ada pula manfaat lebih dari program tambahan ini, yakni kerjasama dengan perbankan. “Kami berikan manfaat keseharian. Bagi pemegang kartu BPJS Ketenagakerjaan bisa digunakan untuk potongan harga ke hotel-hotel, atau beberapa merchant yang sudah bekerjasama,” paparnya.

Untuk lebih detailnya bisa mengakses website bpjsketenagakerjaan.go.id, lalu pilih co-marketing. “Kita bisa lihat apa saja yang dikerjasamakan itu di Indonesia. Jadi semua termudahkan. Apalagi dengan adanya teknologi digital, semua bisa diakses melalui smartphone. Bisa mengakses kapan saja,” tambah Heru Prayitno.

Bahkan, lanjutnya, peserta JHT setiap saat bisa melihat berapa jumlah saldo jaminan hari tuanya. Dapat dilihat dari BPJSTK Mobile, yang diakses dari aplikasi android di smartphone.

“Semua jadi lebih termudahkan. Jadi kami berpesan pada pekerja baik sektor formal maupun informal, bahwa tak kalah pentingnya ada perlindungan yang perlu diberikan dari kita. Apabila terjadi musibah, keluarga tidak terlantar. Ada satu jaminan. Sakit pun dibiayai unlimited, bisa di rumah sakit pemerintah kelas satu,” sarannya. Segera daftarkan perlindungan rasa aman ini di BPJS Ketenagakerjaan di jalan Marsma R Iswahyudi No. 58 Sepinggan Balikpapan atau kantor cabang di Balikpapan Permai, jalan Jenderal Sudirman. (ADIT/JOY/KPFM)

Article Categories:
Talkshow

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *