background img

BISA HEMAT RP18 MILIAR, RIZAL SIAPKAN PERWALI

4 years ago written by

Balikpapan – Di tengah kondisi defisit keuangan Pemkot Balikpapan, muncul gagasan yang penting segera disikapi. Yakni penghematan energi sepuluh persen. Walikota Rizal Effendi segera menerbitkan Peraturan Walikota (Perwali) tentang kewajiban tersebut.

“Nanti kami akan keluarkan Perwali sebagai kewajiban semua pihak menghemat sepuluh persen. Kami sudah dapat panduannya, seperti mengatur suhu ruangan, mematikan lampu yang tidak perlu dan menggunakan lampu hemat energi,” kata Walikota Rizal Effendi saat menghadiri Kampanye Hemat Energi Potong 10% yang diselenggarakan Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) di Lapangan Merdeka, Minggu (21/5).

Menurut Rizal, Pemkot Balikpapan merespon positif program Kementerian ESDM tersebut. “Warga juga harus sadar, bahwa energi ini akan habis. Kalau tidak dihemat biayanya akan tinggi, dan akan cepat habis. Jadi satu-satunya cara harus membangun dan menguatkan kesadaran akan pentingnya hemat energi,” jelas Rizal.

Sebagaimana diketahui, Kementerian ESDM melaksanakan rangkaian kampanye tahun ini lewat kegiatan massal, seperti funwalk di Balikpapan dan Makassar, serta funbike yang digelar di Denpasar. Acara berlangsung serentak, Minggu (21/5), dengan tema Kampanye Hemat Energi Potong 10%.

Dirjen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Rida Mulyana saat diwawancarai KPFM usai funwalk mengatakan, pihak Kementerian ESDM terjun langsung ke masing-masing kota untuk mengampanyekan secara langsung kepada masyarakat.

“Dengan kegiatan semacam ini, sosialisasi hemat energi potong 10% mungkin akan lebih mudah diterima masyarakat. Setelah mereka mengetahui sosialisasi ini, diharapkan masyarakat mulai membiasakan diri untuk tidak melakukan pemborosan energi lagi. Pihak kami memang sengaja terjun langsung ke tiga kota untuk mewakili Kementerian ESDM menyadarkan masyarakat, bahwa hemat energi memang penting,” ujarnya.

Rida menyebutkan, gerakan ini bisa menghemat pengeluaran anggaran Pemerintah Kota Balikpapan sebesar Rp18 miliar untuk kebutuhan listrik. Menurutnya, jika semua pihak bisa melakukan potong 10 persen itu, maka pemerintah tidak perlu lagi menggali-gali migas dan batu bara, serta bisa membantu masyarakat daerah lain yang belum merasakan adanya listrik.

Sementara funwalk di Lapangan Merdeka yang menghadirkan bintang tamu Drive diikuti ribuan peserta, serta sejumlah hiburan dari para pelajar yang tergabung dalam komunitas We Love City Balikpapan. Panitia juga menyiapkan sejumlah doorprize menarik seperti televisi, AC, hingga sepeda gunung. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *