background img

BINA ANAK NGELEM, BARU ILIR LOMBA KE PROVINSI

3 years ago written by

Balikpapan – Berhasil membina anak-anak yang terjerumus kecanduan ngelem menjadi topik presentasi Kelurahan Baru Ilir Balikpapan Barat untuk berkompetisi pada ajang Kelurahan Terbaik tingkat provinsi Kaltim 2017.

Lurah Baru Ilir Izmir Novian Hakim mengatakan, pemberantasan anak ngelem termasuk dalam salah satu indikator penilaian lomba Kelurahan Terbaik dari segi keamanan dan ketertiban. Selain kelengkapan data yang mempunyai persentase nilai terbesar, Kelurahan tersebut juga harus memiliki inovasi yang nantinya bisa menjadi ikon.

“Tingginya angka kasus anak ngelem di Balikpapan Barat membuat saya tertantang, bagaimana caranya Baru Ilir ini menjadi Kelurahan yang bebas dari anak ngelem,” ujarnya saat diwawancarai KPFM, Jumat (7/7).

Dalam usahanya tersebut, Izmir menggandeng berbagai pihak keamanan dan ketertiban untuk bersama-sama melakukan razia setiap malam, dan membersihkan tempat-tempat tongkrongan yang biasa dipergunakan pesta lem.

Lalu bagaimana dengan sanksinya? “Berhubung belum ada dasar hukum untuk pidana pada usia mereka, maka sifatnya hanya preventif dengan melakukan pembinaan dan memanggil orang tuanya. Kami juga menggunduli rambut mereka sebagai efek jera agar ada semacam rasa malu ketika berkumpul lagi dengan teman-temannya,” tambah Izmir.

Selain itu, bagi pelaku yang putus sekolah akan diberikan pembinaan khusus oleh Karang Taruna Baru Ilir dengan bentuk pengajaran pendidikan setiap minggunya. “Jika ada kesempatan dari Dinas Pendidikan, maka akan disertakan kejar Paket C,” imbuhnya. Sayangnya, Izmir tak menguraikan jumlah kasus anak ngelem yang pernah terjaring di wilayah Balikpapan Barat.

Namun terkait persiapan lomba tingkat provinsi itu, Izmir mengaku sudah siap untuk presentasi pada 12 Juli mendatang di Samarinda. Kelurahan Baru Ilir akan bersaing dengan dua kelurahan lain dari Bontang dan Penajam Paser Utara. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *