background img

BBPOM SIDAK, MASYARAKAT TIDAK PERLU KHAWATIR

4 years ago written by

Balikpapan – Pengambilan sampel yang dilakukan oleh Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Samarinda melalui Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dinyatakan aman. Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala BBPOM Samarinda Fanani Mahmud saat diwawancarai KPFM usai inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah Pasar Ramadhan yang ada di Balikpapan, Senin sore (29/5).

Fanani mengatakan, yang sudah diuji sejauh ini sebanyak 52 sampel ditambah 12 sampel yang diuji saat sidak. Berdasarkan hasilnya, sampel-sampel yang dicurigai mengandung bahan-bahan berbahaya bagi tubuh manusia dinyatakan negatif. “Tadi dilakukan uji sampel pada makanan-makanan yang dicurigai mengandung bahan berbahaya, seperti borax, formalin, pengawet dan pewarna. Pemeriksaannya cepat dan hasilnya bagus semua,” ujarnya.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi yang turut serta dalam sidak Pasar Ramadhan bersama dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) mengatakan, selama ini pihak pemerintah sudah melakukan pembinaan agar memproduksi makanan yang tidak membahayakan masyarakat. “Sudah dijelaskan bahan-bahan yang tidak boleh dipakai itu apa saja. Kalau memang ketahuan ada yang melanggar itu akan diperingatkan dan bisa dipidanakan,” paparnya.

Rizal berharap dengan adanya pengawasan ini, jajanan takjil menjelang buka puasa bisa terpantau dengan baik. Sehingga masyarakat yang akan membeli makanan takjil di sini tidak perlu khawatir lagi. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *