background img

Badan Amil Zakat Targetkan 6,5 Miliar di Akhir Tahun

5 years ago written by

Baznas yang merupakan Lembaga Penyalur Zakat menargetkan akhir tahun pembayaran zakat bisa mencapai 6,5 Miliar untuk di wilayah Balikpapan.
H.M Roem Arbain selaku Ketua Baznas kota Balikpapan mengatakan, di akhir tahun 2015 Baznas kota Balikpapan menargetkan bisa mencapai 6,5 Miliar yang akan disalurkan ke fakir miskin yang ada di Balikpapan.
Di tahun sebelumnya Baznas Balikpapan menargetkan sekitar 5 miliar dan memenuhi target 100% dari total target, untuk tahun ini diharapkan bisa meningkat. Awal tahun hingga bulan Oktober 2015, Baznas sudah berhasil mengumpulkan sekitar 3 Miliar jika dipresentasikan sudah mencapai 60% dari target.
Baznas sudah melaksanakan program pokok yaitu menyalurkan dana zakat ke fakir miskin sekitar 300 juta perbulan yang dialokasikan ke berbagai jalur seperti pembagian uang tunai, pengobatan untuk fakir miskin, serta mendaftarkan fakir miskin mengikuti BPJS Kesehatan dan membagi bagikan sembako ke fakir miskin.
Kebanyakan yang berzakat melalui Baznas adalah pegawai pemerintahan dan sisanya pegawai swasta, namun untuk pegawai swasta hanya beberapa persen saja karena kebanyakan pegawai swasta memiliki lembaga penyalur sendiri dari perusahaan. Selain menyalurkan ke fakir miskin, Baznas juga ikut menyumbangkan dana zakat sekitar 100 juta ke pembangunan rumah sakit islam Ibnu Sina setelah berkoordinasi dengan MUI dan Pemkot Balikpapan.
 
(Adam Derari)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *