background img

BAPEMPERDA DPRD BALIKPAPAN JADI RUJUKAN

5 days ago written by

 

KPFM BALIKPAPAN – Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan kedatangan beberapa anggota DPRD dari kota Banjarmasin, Selasa (15/9) siang.

Rombonga diterima oleh Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Balikpapan Andi Arief Agung.

Agenda yang dibahas dalam pertemuan tersebut yaitu bertukar pikiran tentang Bapemperda. Bagaimana mensinergikan Raperda inisiatif DPRD dengan Raperda inisiatif Pememerintah Kota (Pemkot).

“Pembahasan tadi seputar Bapemperda. Bagaimana agar Raperda ini teknis atau pola kerjanya bisa efektif,” kata Andi Arief usai menerima kunjungan.

Pada pertemuan tersebut, lanjut Andi Arief, pihaknya menjelaskan terkait pola kerja anggota DPRD Kota Balikpapan. Bagaimana agar dari banyak usulan Raperda bisa masuk ke dalam program Perda tahun 2020.

“Jadi, bagaimana dari banyaknya usulan Raperda itu ukuran tekhnisnya seperti apa supaya bisa masuk ke dalam program Perda 2020. Kemudian dengan situasi Covid ini, yang kemudian semula target kita bisa maksimal tapi hanya punya kemampuan merealisasikan 10 saja,” ujarnya.

Senada juga disampaikan Ketua Bapemperda DPRD Banjarmasin Arufah Arif. Ia mengatakan, pembahasan dalam petemuan tersebut adalah bagaimana sinkronisasi Raperda inisiatif DPRD dan Raperda inisiatif dari Pemerintah Kota.

Kemudian terkait kebijakan-kebijakan dari Bapemperda yang di tahun 2020 sedang di laksanakan.

“Contohnya di DPRD Banjarmasin ada 23 Raperda inisiatif DPRD dan Pemkot. Sedangkan yang terealisasi baru tiga. Belum terealisasi masih banyak karena situasi pandemi. Oleh karena itu, kami berinisiatif ke DPRD Balikpapan untuk tukar pikiran bagaimana menerapkan Raperda yang sudah menjadi program,” ungkapnya.

Menurut Arufah Arif, Kota Balikpapan memiliki cukup banyak Raperda inisiatifnya yang diprogramkan. Ini menjadi salah satu alasan dipilihnya Kota Balikpapan sebagai tujuan.

“Raperda inisiatifnya banyak yang diprogramkan. Sehingga menjadi alternatif tujuan kami,” ucapnya.Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *