background img

Banjir di Balikpapan Meningkat Dua Kali Lipat

4 years ago written by

Balikpapan – Banjir di Kota Minyak kian mengkhawatirkan. Data yang tercatat pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Balikpapan menunjukan jumlah yang meningkat hingga dua kali lipat jika dibandingkan tahun 2015 lalu.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan Suhada saat dikonfirmasi siang tadi (23/9) mengakui adanya tren peningkatan banjir tersebut. Data dari Januari sampai September ini terjadi 32 kali banjir di titik yang berbeda. Sedangkan tahun 2015 lalu hanya 14 kali.

Suhada menjelaskan, penyebab banjir ini berbagai faktor. Salah satunya yang paling riskan adalah drainase buntu, sehingga tidak mampu menahan air yang mengalir dengan intensitas cukup tinggi. Menyikapi permasalahan ini, BPBD melakukan langkah antisipasi dengan cara sosialisasi ke setiap kelurahan yang berpontensi banjir. Tim BPBD menyampaikan upaya penanganan jikalau terjadi banjir. “Kami menghimbau warga Balikpapan untuk selalu siaga di saat hujan deras, karena sewaktu-waktu dapat menimbulkan banjir,” ujarnya.

Di satu sisi, menurut salah satu pemerhati lingkungan, kesadaran sebagian masyarakat masih rendah untuk menjaga lingkungannya. Masih ada yang membuang sampah di aliran sungai, termasuk saluran drainase yang menyebabkan buntu. Sementara pengupasan lahan untuk pengembang properti di Balikpapan tak terkendali. (FREDY/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *