background img

BANGKAI PAUS AKHIRNYA DIBAKAR

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Bangkai seekor paus yang ditemukan terdampar di Pantai AURI, Sepinggan Raya, Balikpapan Selatan sejak Minggu (1/12) sekira pukul 00.30 Wita, akhirnya dimusnahkan, Senin (2/12). Pemusnahan paus seberat tiga ton tersebut dilakukan dengan cara dibakar.

Sebelumnya ada tiga opsi dari petugas untuk penanganan bangkai paus yang sudah membusuk tersebut.

Di antaranya penarikan kembali bangkai paus ke tengah laut untuk kemudian ditenggelamkan, menguburnya di tepi pantai, dan membakarnya lalu membuang sisa tubuh paus ke laut.

“Dari ke tiga opsi itu yang dipilih yaitu dibakar. Karena paling cepat dan efektif. Apalagi bau menyengat ini sudah mengganggu warga terutama di perumahan Angkatan Udara ini. Kalau dibiarkan ya enggak bisa. Makanya dibakar,” kata Kasat Polair Polres Balikpapan, AKP Alfon Pasaribu di lokasi pembakaran, Selasa (2/12).

Soal opsi penguburan di tepi pantai, lanjut AKP Alfon, harus membutuhkan excavator, lantaran panjang paus mencapai 10 meter dengan lebar sekira lima meter.

“Begitu juga dengan melakukan penarikan kembali bangkai paus ke laut. Juga tidak mungkin lantaran kapal tidak bisa mendekat, serta kondisi paus yang sudah membusuk. Makanya kami sepakat cara yang cepat yakni dibakar,” terang Alfon.

Setelah dibakar, sisa tubuh paus akan dibawa ke tengah laut dan dibiarkan tenggelam. Hal ini cara yang paling efektif untuk penanganan paus yang telah membusuk tersebut.

“Nanti kalau sudah sisa separuh dan dirasa bisa ditarik baru kami bawa ke tengah laut. Nanti kan bangkainya akan tenggelam di dasar laut,” ucapnya.  (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *