background img

Balikpapan Waspada Virus Zika dan DBD

5 years ago written by

Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan memastikan peredaran virus zika belum sampai di Balikpapan, hal tersebut dibuktikan dengan tidak ditemukannya pasien terkena virus Zika.
Ballerina Kepala DKK Balikpapan mengatakan, tanda-tanda manusia terkena virus Zika sangat mirip dengan virus DBD. Meskipun belum ditemukan penyebaran virus Zika di Balikpapan, Ballerina meminta kepada warga Balikpapan untuk mengantisipasi virus Zaki tersebut, dikarenakan penularan virus Zaki sama seperti virus DBD yaitu oleh gigian nyamuk Aedes Aegypti.
Virus Zaki dapat menyebar di musim hujan. Adapun gejala terkena penyakit Zika ini, seperti terkena DBD seperti demam, bintik merah pada kulit, sakit kepala, nyeri sendi tidak berenergi , lemah dan mata merah.
 
400 Pelajar Belajar Cegah DBD.
Tim Pengelola Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota (DKK) menggelar sosialisasi kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) sekolah di aula pemkot Balikpapan Jumat 29 Januari 2016.
Sosialisasi tersebut dihadiri oleh 400 siswa dari perwakilan seluruh sekolah yang ada di Balikpapan.
Dr. Andi Sri Juliarti selaku Tim Pengelola UKS mengatakan, hal tersebut dilakukan dalam rangka merespon tingginya tingkat Demam Berdarah Dengue (DBD) yang terjadi di Balikpapan.
Dalam hal ini para siswa akan diajak menjadi kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) di lingkungan sekolah masing-masing. Dengan itu diharapkan para siswa mampu melaksanakan pencegahan demam berdarah yang ada di lingkungan sekolah. Karena kita ketahui juga bahwa korban DBD paling banyak adalah anak sekolah. Untuk itulah Tim pengelola UKS mengajak seluruh siswa dan pihak sekolah untuk berperan aktif dalam mencegah DBD.
 
(Fredy Janu)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *