background img

Balikpapan Siap Kelola Sampah Jadi Pupuk Organik

4 years ago written by

Balikpapan – Balikpapan mendapat kesempatan pertama dalam kerjasama pengelolaan sampah menjadi pupuk organik. Ini terbukti dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PT. Pupuk Indonesia (Persero) dan Pemerintah Kota Balikpapan di aula kantor Walikota Kota Balikpapan siang tadi pukul 11.00 Wita.

Direktur Utama Pupuk Indonesia, Aas Asikin Idat dalam sambutannya mengatakan, Kota Balikpapan dipilih sebagai awal pengembangan pupuk organik karena sampah di Balikpapan mempunyai potensi yang cukup besar yaitu sekitar 93 ribu ton per tahun, dengan potensi sampah organik sekitar 63 ribu ton per tahun.

Selain itu, Balikpapan juga didukung fasilitas dan infrastruktur yang cukup baik, begitu pun dalam pengelolaan sampahnya.  Walikota Balikpapan H. M. Rizal Effendi SE menambahkan, tugas kita adalah memilah sampah organik dari sampah-sampah lainnya seperti plastik, kaleng, dan lain-lain. Tempat pemilahan sampah yang ada di Gunung Bahagia akan dikembangkan supaya bahan yang dibutuhkan sudah bersih dari bahan lain. Rizal pun menjamin tidak akan ada yang merampok pendapatan kecil dari pengelolaan sampah, bahkan membantu untuk meningkatkan. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *