background img

BALIKPAPAN MENUJU RAMAH LANSIA

3 years ago written by

Balikpapan – Menyukseskan pembangunan nasional ternyata tak hanya butuh peranan para pemuda, tetapi juga dari para lansia (lanjut usia). Ini sesuai dengan amanah UU No. 13 tahun 1998. Untuk itu, Pemerintah Kota Balikpapan semakin membangun kepedulian terhadap lansia untuk menuju Kota Balikpapan Ramah Lansia 2030 mendatang.

“Lansia harus tetap diperlakukan sebagian sosok yang dihargai dan dihormati. Mereka memiliki banyak pengalaman, keahlian dan kearifan sehingga diharapkan bisa berperan serta dalam pembangunan nasional,” ujar Kepala Dinas Sosial Abdul Azis didampingi sekretarisnya I Ketut Rasna dalam acara peringatan Hari Lansia 2017 di BSCC Dome, Kamis (6/7).

Dalam rangka peningkatan kesejahteraan lansia, lanjut Azis, ada beberapa kegiatan yang sudah dilakukan pemerintah bekerjasama dengan berbagai instansi terkait, seperti memberikan pelayanan kesehatan gratis yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, memberikan aksesibilitas kesehatan, dan kampanye makan sayur dan buah oleh Gerakan Masyarakat (Germas).

“Semua kegiatan itu dilakukan supaya lansia ini merasa disayangi, dihargai dan dihormati oleh generasi muda,” ujarnya.

PicsArt_07-06-04.11.12

Dikatakannya, untuk tahun ini Asistensi Sosial Lanjut Usia Terlantar (Aslut) dari Kementerian Sosial RI memberikan bantuan sebesar Rp194 juta untuk 94 lansia miskin. Sedangkan bantuan dari Pemerintah Kota Balikpapan untuk mereka yaitu berupa 44 unit kursi roda, 20 unit alat dengar, 23 unit alat bantu jalan (tongkat), dan 300 paket sembako.

Yuliana (65 tahun) salah satu lansia yang hadir pada acara tersebut mengakui perhatian pemerintah terhadap lansia di Balikpapan sudah baik. “Salah satu bentuk perhatian mereka adalah setiap tahun selalu membuat acara peringatan Hari Lansia. Selain itu, sering mengadakan pemeriksaan kesehatan bagi lansia di Puskesmas. Kalau kami perlu apa-apa responnya cepat. Harapan saya lebih ditingkatkan lagi perhatiannya, terutama untuk pemeriksaan kesehatan. Kalau bisa 3 bulan sekali,” jelas Yuliana.

Acara yang bertemakan Hidup Bermartabat di Usia Senja, Lanjut Usia Sejahtera ini dihadiri oleh Walikota Rizal Effendi beserta istri, Wakil Walikota Rahmad Mas’ud beserta istri, dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD). Pada acara ini semua hiburan diisi oleh para lansia, seperti menyanyi, dance, dan paduan suara. Setelahnya, dilanjutkan kunjungan ke RSUD Gunung Malang untuk menjenguk para lansia yang sedang dirawat. Mereka mendapatkan motivasi. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *