background img

AWAS, ANCAMAN DBD SAMPAI DESEMBER

4 years ago written by

Balikpapan – Memasuki musim penghujan ini penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Balikpapan terus mengalami peningkatan. Masyarakat pun diimbau waspada, karena tren penyakit mematikan itu diprediksi akan terus bertambah hingga Desember mendatang.

Berdasarkan data yang tercatat pada Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, sampai saat ini jumlah penderita DBD mencapai 3.549 kasus dengan korban meninggal 25 orang. “Kalau dilihat dari jumlah kasusnya meningkat jauh dibanding tahun 2015. Tahun lalu ada kasus 2.100 dan korban meninggal 26 orang,” kata Sekretaris DKK Balikpapan drg Suheriyono kepada KPFM, Sabtu (5/11).

Dikatakan, untuk status KLB (Kejadian Luar Biasa) dapat ditetapkan apabila jumlah kasus dan korban meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Menurutnya, musim hujan akan memicu berkembangnya jentik DBD yang dikhawatirkan akan menambah jumlah penderita. Karena itu masyarakat diminta untuk terus menjaga kebersihan lingkungan, membasmi jentik secara bersama-sama, terutama pada musim hujan yang diprediksi sampai Desember mendatang. “Selain itu masyarakat juga diminta untuk dapat mengenali gejala DBD agar segera mendapatkan penanganan medis yang tepat sebelum terlambat,” ujarnya.

Sementara untuk mengantisipasi terus meningkatnya DBD, DKK Balikpapan akan terus melakukan pengasapan fogging serta menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan cara 3M, yakni menguras, menutup dan mengubur. (FREDY/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *