background img

ANDRIE WONGSO: KEGAGALAN ITU SEPERTI VITAMIN

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Memahami kegagalan bagi manusia yang matang, adalah menyadari bahwa tidak ada manusia yang bisa lolos sukses tanpa kegagalan. Berarti, siapa pun manusia tersebut. Baik itu tokoh, negarawan, atlet, pedagang, pengusaha, salesman. Apa pun bidangnya, pasti akan mengalami kegagalan. Karena proses sukses itu adalah “bumbu” kegagalan yang kita hadapi.

Begitulah yang diungkapkan Andrie Wongso Sang Pembelajar, pada segmen Extraordinary Monday di Program Golden Hits Romantic Radio KPFM 95,4 Mhz Balikpapan, Senin (1/7), yang dipandu penyiar Sherly Kezia.

Andrie memaparkan, ada 3 poin penyebab kegagalan. Yang pertama, kita gagal karena orang lain. Orang lain lebih pintar, lebih hebat dari kita. Yang kedua, karena kemampuan diri kita yang kurang. Yang ketiga, karena keadaan.

Tapi yang terpenting dari 3 poin ini, lanjut Andrie, kita harus sadar dan harus belajar apakah kegagalan kita karena orang lain, diri sendiri atau keadaan?

“Dan kita harus berani menghadapi. Berarti kita membutuhkan keuletan, sikap mau belajar, kesabaran, keteguhan hati untuk tetap berpegang teguh pada apa yang kita perjuangkan,” ujarnya.

Menurutnya, justru nilai dalam sebuah kesuksesan itu ada dalam kegagalan. “Makin berat kegagalan kita, tapi kita mampu mengatasi, berarti nilai kesuksesan kita makin berbobot,” ujar motivator kelahiran Kota Malang ini.

Andrie menyebut, kegagalan hari ini tidak berarti besok akan gagal lagi. Demikian sebaliknya, kesuksesan hari ini, belum tentu besok kita akan sukses lagi. Jadi semua dalam proses pembelajaran. “Maka, saat sudah mencapai kesuksesan jangan sombong, dan saat mengalami kegagalan tidak perlu frustasi. Karena itu yang lestari adalah pembelajaran diri,” ujarnya.

Sang Pembelajar ini pun mencontohkan dirinya sendiri yang bolak balik mengalami kegagalan. Mulai dari bermimpi menjadi bintang film namun gagal, pengusaha pun gagal. Tapi tetap enjoy, karena memahami kegagalan sebagai “bumbu” kesuksesan yang tertunda.

Andrie menyarankan untuk mensyukuri kegagalan. “Bagi saya pribadi kegagalan itu seperti vitamin. Vitamin itu kecil tapi bisa memberikan kekuatan untuk sukses,” pungkasnya. (SHERLY /KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *