background img

AKTIVITAS SEKOLAH MASIH NORMAL

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kabut asap yang menghantui Kota Balikpapan beberapa hari terakhir tampaknya belum berdampak pada kegiatan belajar mengajar di lingkungan sekolah.

Sejauh ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan belum melakukan perubahan atas jam belajar siswa. Artinya, kegiatan belajar mengajar di sekolah masih berjalan normal seperti biasanya.

Kepala Disdikbud Balikpapan, Muhaimin menyampaikan itu saat diwawancarai awak media, Selasa (17/9) pagi. Ia mengatakan, hingga saat ini tidak ada perubahan jam belajar di lingkungan sekolah.

“Jadi sampai hari ini belum ada sekolah yang mengajukan permohonan untuk meliburkan siswa. Belajar mengajar masih berjalan seperti biasa,” kata Muhaimin.

Meski demikian, lanjutnya, Dinas Pendidikan telah membuat imbauan ke sekolah agar mengurangi kegiatan di luar sekolah atau ruangan saat kabut asap. Namun, apabila terpaksa harus dilakukan di luar ruangan, siswa diwajibkan menggunakan masker.

“Misalnya saat upacara bendera hari Senin. Harus gunakan masker. Ini kami sudah mengeluarkan imbuan ke semua sekolah. Intinya kegiatan di luar ruangan kelas itu dikurangi,” ujarnya.

Menurut Muhaimin, dari laporan yang diterima, ada beberapa sekolah yang sudah berinisiatif meminta orang tua untuk mengenakan masker anaknya ketika bersekolah. “Inisiatif ini bagus. Anak dikenakan masker ketika berangkat sekolah,” ungkapnya.

Selain masker, pihak sekolah juga diminta untuk memaksimalkan fungsi Unit Kesehatan Sekolah (UKS). Serta  berkoordinasi dengan Puskesmas terdekat untuk menindaklanjuti kejadian yang terjadi di sekolah.

“Maksimalkan keberadaan UKS. Kan itu ada program dokter kecil, termasuk dengan Puskesmas. Sehingga dapat tertangani lebih cepat,” tandasnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *