background img

89 Ribu Warga terancam Tak Punya E-KTP

4 years ago written by

Balikpapan – Dari 750.173 jiwa penduduk Balikpapan, tercatat sebanyak 89.665 warga terancam tak memiliki identitas, karena belum melakukan perekaman data untuk kepemilikan KTP Eletronik atau E-KTP.  Hal ini berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri No 471/1768/SJ Tanggal 12 Mei 2016 Tentang Percepatan Penerbitan KTP Elektronik dan Akta Kelahiran kepada seluruh Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Balikpapan Chairil Anwar siang tadi mengatakan, batas waktu melakukan perekaman sampai 30 September mendatang. Jika sampai batas waktu tersebut belum melakukan perekaman data, maka akan diberikan sanksi administrasi, termasuk KTP manual warga yang bersangkutan dibekukan.

Menurut Chairil, dengan dibekukannya data administrasi kependudukan ini maka warga yang bersangkutan tidak dapat mengurus BPJS Kesehatan, SIM dan pelayanan perbankan serta SKCK. Bagi warga yang dibekukan data administrasi kependudukannya, maka yang bersangkutan harus datang ke Didukcapil untuk pendaftaran pembuatan E-KTP. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *