background img

6 Destinasi Liburan yang Trending di Tahun 2016 Ini

5 years ago written by

Lupakan dulu Paris, London, Tokyo, Sydney apalagi Bali.
Tahun 2016 ini diprediksi sebagai tahun para traveler untuk mulai mengeksplor tempat-tempat terindah di dunia yang belum terjamah mayoritas turis mainstream. Jadi, jika sebagian besar tujuan wisata wajib di dunia sudah pernah Anda kunjungi, coba masukkan enam lokasi ini ke dalam bucket list traveling Anda di tahun 2016 ini.

1. Western Australia

cable-beach
Via Conde Nast Traveler

Sydney dan Melbourne mungkin adalah tujuan wisata utama di Australia bagi kebanyakan orang Indonesia, namun di 2016 yang akan mulai kebanjiran wisatawan justru adalah Australia bagian Barat yang bukan saja punya banyak destinasi cantik, tapi juga jaraknya lebih dekat dengan Indonesia. Artinya: harga tiket lebih murah.

margaret-river-wine
Via The Guardian
quokka-2
Via Expedia

Pecinta wine akan merasa berada di surga saat menjelajahi sekaligus mencoba wine tasting di Margaret River Wine Region. Bagi yang lebih memilih untuk liburan di pantai, ada Cable Beach, Lucky Bay, dan Ningaloo Reef yang bisa dijelajahi. Nikmati juga petualangan outbackkhas Australia di Nambung National Park dan Karijini National Park atau jikaAnda pecinta hewan-hewan lucu, say hi to the cute quokka di Rottnest Island.

2. Eastern Europe

slovenia
Via Fodor

Jika Eropa Barat seperti Prancis, Inggris, Italia, dan sebagainya sudah menjadi tujuan utama turis sejak puluhan tahun lalu, tahun 2016 adalah saatnya kawasan Eropa Timur yang menjadi idola baru. Dulu, negara-negara bekas Yugoslavia dan sekitarnya ini dihindari karena konflik masih bergejolak, namun kini masing-masing berusaha membangun negara yang tidak hanya damai, tapi juga menatanya agar cantik kembali seperti saat mereka masih jadi primadona turisme bagi penduduk Eropa sebelum perang bergejolak.

kiev-2
Via Conde Nast Traveller

Selain Hungaria dan Ceko yang popularitasnya sudah menanjak sejak beberapa tahun belakangan, negara Eropa Timur lain yang tak kalah indah untuk dikunjungi adalah Slovenia, Kroasia, Hungaria, Ukraina, dan masih banyak lagi. Tahukah Anda bahwa liburan ke Eropa Timur juga jauh lebih murah dibandingkan ke Eropa Barat? Apalagi negara-negara di kawasan Eropa Timur juga tidak menggunakan mata uang Euro. Kawasan Eropa Timur bisa banget jadi pilihan untuk Euro Trip murah meriah.

3. Skotlandia

scotland
Via Conde Nast Traveller

Siapa yang tidak suka melihat bentangan bukit hijau dengan pemandangan kastil-kastil tua yang megah? Skotlandia memiliki semua ini. Sudah lama dikenal sebagai destinasi romantis untuk berbulan madu, di tahun 2016 Edinburgh disebut-sebut akan jadi salah satu tujuan wisata di Eropa yang popularitasnya mulai menyaingi negara-negara tetangganya.

edinburgh
Via Conde Nast Traveler

Skotlandia sering dibandingkan dengan Irlandia dalam hal traveling, namun belakangan negara yang dikenal dengan busana kilt dan instrumen bagpipe ini makin jadi favorit karena cuacanya yang lebih ramah dibanding Irlandia, dan karena mayoritas kastil tua di Edinburgh masih berdiri kokoh, tak seperti di Dublin yang sebagian besar sudah berupa reruntuhan. Bayangkan saja London yang lebih country dan hijau, dan istana-istana yang jauh lebih megah bak di negeri dongeng.Lovely.

4. Sumba

sumba
Via Bobobobo

Ketika Bali, Lombok, dan Gili sudah semakin padat dengan pengunjung, banyak turis yang mengalihkan tujuan mereka ke Sumba. Ada banyak pantai indah berpasir putih di sepanjang pesisir selatan Sumba, baik bagi Anda yang hobi surfing maupun yang sekadar ingin berenang dan sunbathing. Jika dulu agak sulit mencari penginapan di Sumba, kini banyaknya wisatawan asing yang berdatangan membuat penduduk lokal mulai membuka usaha hostel dan juga guesthouse. Untuk Anda yang memiliki budget lebih, ada juga beberapa resortbintang lima yang bisa jadi pilihan.

sumba-2
Via Bobobobo

Bukan pantai saja yang jadi keunggulan Sumba. Pecinta sejarah dan arkeologi bisa menjelajah desa-desa sekitar untuk melihat makam batu dari zaman prasejarah yang masih utuh. Jika Anda datang di bulan Februari atau Maret, sempatkan diri untuk melihat pasola, ritual tahunan dari ratusan tahun lalu di mana dua petarung bertanding di atas kuda yang saling mencoba untuk menjatuhkan lawan masing-masing dengan tombak tumpul.
Namun Sumba bukan satu-satunya tujuan wisata lokal yang akan naik daun di 2016. Tempat-tempat lain di Nusa Tenggara juga mulai diramaikan banyak turis sejak pertengahan lalu, terbukti dari larisnya paket-paket wisata dan bulan madu di sekitar NTB dan NTT.

5. Vietnam

vietnam-1
Via Conde Nast Traveller

Anda mungkin sudah pernah ke Ho Chi Minh atau Hanoi, namun di 2016 saatnya Anda menjelajahi puluhan pantai indah di seputar Vietnam. Kerinduan akan pantai yang belum banyak terjamah membuat Vietnam pelan-pelan akan menyaingi Thailand sebagai destinasi utama wisata pantai di Asia Tenggara.

mui-ne-2
Via Frugal Frolicker
lan-ha-bay
Via Alotrip

Selain Halong Bay yang sudah cukup dikenal, ada Mui Ne yang dulunya dianggap sebagai pantai tersembunyi namun kini sudah mulai diramaikan banyak resort, Nha Trang yang juga menawarkan pemandangan bukit hijau dari tepi pantai, Phu Quoc yang letaknya tidak jauh dari Ho Chi Minh, Lan Ha Bay yang mulai diramaikan turis sebagai alternatif Halong Bay, dan masih banyak lagi. Kelebihan lain: Biaya traveling ke Vietnam jauh lebih murah dibanding ke Thailand, lho.

6. Palau Island

palau
Via Palau Dive Adventures

Palau adalah negara kepulauan yang terdiri dari 500-an pulau-pulau kecil yang terletak di selatan Filipina. Secara politis, selama puluhan tahun Palau merupakan negara yang berada di bawah asuhan PBB dan Amerika Serikat, namun kini telah memerdekakan diri dan berdiri sebagai negara sendiri. Secara geografis, pulau-pulaunya memiliki karakteristik tipikal kepulauan lain di Micronesia dengan laut berwarna biru jernih dan pasir putih. Dan seperti tujuan wisata kepulauan lainnya, ada banyak pulau yang bisa jadi destinasi utama Anda di sini sebelum kemudian mengisi sisa liburan dengan island hopping. Scuba diving merupakan aktivitas utama yang bisa Anda lakukan di Palau Island, namun jika Anda lebih senang bersantai di pantai atau sekadar berwisata kuliner menikmati hidangan eksotis khas Micronesia, tidak ada salahnya juga.

palau-2
Via The Misanthropes Journal

Palau bisa dicapai lewat jalan udara melalui Manila ke salah satu dari dua airport di kepulauan ini: Airai dan Babeldaob. Jangan khawatir masalah bahasa karena bahasa Inggris sudah umum digunakan di sini.
Jadi, berencana liburan ke mana tahun ini?
(Sumber foto utama: Amusing Planet)

Article Categories:
Travel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *