background img

38 KORBAN KEBAKARAN SEPINGGAN TIDUR DI MATRAS

3 years ago written by

Balikpapan – Kebakaran yang menimpa beberapa rumah di Gang Sumber Sari RT 22 Kelurahan Sepinggan Balikpapan Selatan, Rabu malam (28/6) sekitar pukul 20.00 Wita, mengakibatkan 38 warga harus kehilangan tempat tinggal dan harta benda.

“Mereka sementara ini tidur di atas matras yang disediakan oleh Dinas Sosial,” kata Sukma dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Balikpapan yang turun langsung membantu menangani para korban saat ditemui KPFM di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Dia mengatakan, untuk sementara sebanyak 38 korban kebakaran yang kehilangan tempat tinggalnya akan ditampung pada sebuah tenda dari Dinas Sosial. “Akan dibangun 3 tenda di sekitar lokasi kebakaran berukuran 4×6 meter untuk 38 jiwa dari 11 Kepala Keluarga,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Sukma, para korban juga akan mendapat matras untuk alas tidur dan selimut. Untuk kebutuhan lainnya menyusul, yang diutamakan adalah apa yang dibutuhkan saat ini. “Seperti apa nantinya pihak Kelurahan yang akan melanjutkan,” tambahnya.

Pihak Kelurahan sendiri masih belum bisa memastikan kelanjutannya. Yang jelas, Bambang sebagai Lurah Sepinggan mengatakan, untuk data validnya akan dilakukan pendataan esok hari (29/6) di posko yang dibangun di sekitar tenda penampungan.

PicsArt_06-29-01.11.05

Ditemui secara terpisah, Kapolres Balikpapan AKBP Jeffri Dian Juniarta yang juga meninjau langsung ke lokasi kebakaran mengatakan, untuk mengetahui secara detail penyebab kebakaran pihaknya membutuhkan waktu sekitar satu minggu lebih.

“Butuh waktu paling tidak beberapa hari ke depan untuk kami lokalisir, dan pastinya pihak kepolisian akan dibantu teman-teman dari pemadam kebakaran, Brimob, dan pihak terkait lainnya. Untuk pemasangan police line besok baru saya perintahkan reserse untuk memasangnya. Kalau sekarang kan tidak mungkin, karena malam hari dan pandangan terbatas. Yang penting padam dulu untuk keselamatan warga sekitar,” terang Jefri.

Terkait penanganan dan pengamanan warga, pihaknya menyerahkan kepada Pemerintah Kota Balikpapan untuk mencari solusi yang terbaik.
Seperti diketahui, menurut data terakhir yang didapat KPFM, kebakaran tersebut menghanguskan 9 rumah dan 1 rumah mengalami kerusakan. Penyebab kebakaran diduga karena kelalaian saat memasak. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *