background img

SEHARI BUTUH 290 APD

1 week ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Jumlah orang dalam pengawasan (ODP) virus Corona atau Covid-19 di Kota Balikpapan terus meningkat dari jumlah yang diumumkan sebelumnya.Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan berdasarkan catatan DKK Balikpapan pada tanggal 26 Maret 2020, pada pukul 16.00 Wita, jumlah ODP virus Corona di Kota Balikpapan sudah mencapai 977 orang.

Jumlah tersebut meningkatkan dibandingkan data sebelumnya pada tanggal 25 Maret 2020, pukul 16.00 Wita, yang mencatat 817 orang. “Jumlah ODP di Kota Balikpapan terus bertambah, peningkatan tersebut merupakan hasil pengembangan dari kasus sebelumnya dan hasil tracking yang dilakukan,” katanya dalam siaran persnya, Kamis (26/3).

Ia menjelaskan, berdasarkan data yang tercatat di DKK Balikpapan, dari 977 orang yang dinyatakan ODP tersebut, sebanyak 128 orang telah dinyatakan selesai masa observasinya selama 14 hari, sehingga total ODP yang masih ditangani oleh DKK Balikpapan hingga saat ini tercatat mencapai 849 orang.

Menurutnya, pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap sejumlah orang yang masuk dalam daftar ODP di Kota Balikpapan, dengan terus melakukan komunikasi kepada orang yang bersangkutan, dengan mendatangi tempat tinggal atau melalui jaringan telepon.

“Kami sudah sampaikan kepada yang bersangkutan agar melaporkan kondisinya ketika ada demam kepada Dinas Kesehatan,” jelasnya.Sedangkan untuk perkembangan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kota Balikpapan mengalami penambahan dari jumlah sebelumnya. Total jumlah PDP di Kota Balikpapan masih berjumlah sebanyak 29 pasien. Dari jumlah sebelumnya yang tercatat mencapai 27 orang.

“Total pasien PDP di Kota Balikpapan saat ini ada 29 orang, ada 2 orang yang ODP menjadi PDP,” jelasnya.Dari 29 kasus PDP di Kota Balikpapan, 2 pasien di antaranya merupakan warga luar Balikpapan yang diduga terjangkit virus Corona ketika baru tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Sedangkan untuk perkembangan 6 orang pasien positif yang saat ini masih ditangani, kondisinya masih dalam keadaan baik tanpa harus dibantu pernafasan dengan menggunakan tabung oksigen.

“Kondisi makin baik tidak menggunakan oksigen, kita menyarankan berolahraga ringan,” tuturnya.Selain itu, ia juga menerangkan bahwa Kota Balikpapan sudah menerima distribusi APD bantuan BNPB Pusat yang diterima di Pangkalan AU Lanud Dhomber.

Jumlah bantuan telah didistribusikan oleh Kadinkes Provinsi yaitu 400 Baju APD untuk Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) , 100 baju APD untuk Rumah Sakit Tentara Dr Hardjanto, 50 baju APD untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Beriman Balikpapan, 10 baju APD untuk Rumah Sakit AURI dan 40 baju APD untuk Dinas Kesehatan Kota Balikpapan.

“Sehari kita butuh sekitar 290 APD untuk menangani kasus corona di Kota Balikpapan, kita berharap kasus tidak bertambah. Kami berharap adanya bantuan dari CSR,” tuturnya.(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *