background img

3 RUMAH DI BARU ILIR LUDES TERBAKAR

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kobaran api melahap tiga rumah warga di Gang Sampurna RT 10, Kelurahan Baru Ilir, Balikpapan Barat (Balbar), Selasa (16/7) sekira pukul 16.00 Wita. Kepulan asap putih pekat pun tampak membumbung tinggi.

Dari keterangan saksi Fatimah (74), api pertama kali muncul dari salah satu rumah warga nomor 51, milik Miah. Fatimah mengaku terkejut melihat ada kobaran api saat keluar dari pintu kamar mandinya. “Saya mau salat, pas keluar pintu itu sudah ada api besar dari dinding rumah Miah. Saat itu juga anak-anak datang katanya ada api,” katanya.

Melihat kobaran api tersebut, Fatimah beserta anaknya langsung keluar menyelamatkan diri. “Saya dan anak saya langsung keluar rumah. Kami melihat api semakin membesar dan menyambar rumah lainnya,” ujar Fatimah.

Saksi mata lainnya bernama Zaman, mengaku kaget dengan kepulan asap yang berdekatan dengan rumah orangtuanya. Saat itu dirinya tengah beristirahat dan langsung bergegas bersama warga sekitar untuk memadamkan api.

“Saya lagi istirahat lalu dengar orang teriak, sekalinya ada asap. Kebakaran pas di atas rumah mama saya,” katanya.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan, Suseno mengatakan, pihaknya menerima laporan kebakaran sekitar pukul 15.45 Wita. Usai menerima laporan pihaknya langsung menurunkan armada pemadam ke lokasi.

“Kita menerima laporan bahwa telah terjadi kebakaran sekitar pukul 15.45 Wita. Kita langsung terjunkan armada,” ujarnya.

Akibat kejadian ini, lanjut Suseno, sebanyak tiga rumah hangus atau terbakar berat. Sedangkan yang terbakar ringan dua rumah.

“Asal api dari rumah nomor 55. Rumahnya itu dalam keadaan kosong. Penghuninya lagi keluar. Rumah ini terbuat dari papan. Cuaca panas ditambah angin jadi api cepat merambat,” ungkapnya.

Lokasi yang sempit tak bisa dijangkau mobil pemadam membuat petugas dan warga sempat kesulitan memadamkan api.

“Baru bisa dipadamkan sekitar pukul 16.40 Wita. Ada 15 unit mobil pemadam kita turunkan baik dari BPBD, kemudian UPT Petamina Hulu Mahakam satu unit, dari PDAM ada dua unit,” tandasnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *