background img

20 JURNALIS RAPID TEST CORONA

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sekitar 20 jurnalis dari sejumlah media yang ada di Kota Balikpapan menjalani rapid test di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Beriman, Rabu (08/04).Direktur RSUD Beriman Dr Cokorda Ratih mengatakan, rapid test ini hanya pemeriksaan awal untuk mengetahui adanya dugaan seseorang terpapar virus Corona.

“Ini merupakan screening untuk mengetahui lebih awal dengan rapid test, memang tingkat akurasi 30 persen,” katanya ketika diwawancarai wartawan di RSUD Beriman Kota Balikpapan.Dalam pemeriksaan dengan menggunakan rapid test ini setiap orang akan diambil sampel darah, yang akan dipergunakan sebagai bahan pemeriksaan terhadap kondisi imun seseorang dengan menggunakan alat rapid test.

Pemeriksaan dengan menggunakan rapid test adalah pemeriksaan awal untuk mengetahui lebih cepat kondisi kesehatan seseorang, dengan mengetahui kondisi imunitas dan gejala-gejala yang ada.Hasil rapid test yang dihasilkan kemudian akan diserahkan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan untuk ditindaklanjuti, termasuk apabila ditemukan adanya hasil pemeriksaan yang positif.

“Dalam 15 menit hasil rapid test ini sudah ada hasilnya. Dan ketika nanti diketahui hasilnya positif tentunya perlu pemeriksaan lebih lanjut dengan swab,” jelasnya.Ia menambahkan, selama sepekan ini pihaknya telah melakukan rapid test terhadap 50 orang yang diutamakan kepada tenaga medis dan pasien yang dirawat di lingkungan RSUD Beriman Kota Balikpapan.

Pasien yang menjalani rapid test merupakan pasien yang terindikasi memiliki gejala-gejala yang mengarah pada dugaan terpapar virus Corona seperti demam, batuk dan pilek.Dari hasil pelaksanaan rapid test terhadap pasien yang ada di RSUD Beriman Kota Balikpapan ditemukan satu pasien yang terindikasi positif berdasarkan hasil pemeriksaan dengan menggunakan alat rapid test.

Hasil pemeriksaan tersebut, saat ini telah diserahkan kepada Dinas Kesehatan (Dinskes) Kota Balikpapan untuk ditindaklanjuti, dengan melakukan tindakan medis di antaranya dengan melakukan swab, untuk memastikan dugaan pasien yang bersangkutan telah terpapar virus Corona.

“Selama sepekan ini, kita telah melakukan rapid test sebanyak 50 orang, yang terdiri dari tenaga medis dan pasien yang memiliki gejala-gejala yang mengarah ke Corona, hasilnya satu pasien dilaporkan positif dan pemeriksaan lebih lanjut telah diserahkan ke Dinas Kesehatan,” jelasnya.
Sementara itu, salah satu jurnalis Teguh Suwito yang dimintai tanggapannya terkait kegiatan ini menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kota Balikpapan karena telah memfasilitasi untuk menjalani rapid test.

Menurutnya, jurnalis merupakan salah satu garda terdepan yang rentan terpapar virus Corona, dengan kegiatannya yang banyak berkaitan menyangkut peliputan kegiatan penanganan virus Corona.

“Saya mengucapkan terima kepada Pemkot Balikpapan khususnya Dinas Kesehatan karena sudah difasilitasi, jurnalis juga merupakan garda terdepan, terutama dalam menyampaikan informasi terhadap perkembangan penanganan penyebaran virus Corona,” ungkapnya.
(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *